Senin, 01 Agustus 2011

Puasakah Mata Anda...

Puasa adalah suatu bentuk pengendalian diri tidak saja dalam hal makan dan minum, terutama yang paling penting adalah pengendalian diri atas hawa nafsu. Diantara anggota tubuh yang paling penting untuk berpuasa adalah “MATA” karena mata adalah yang paling liar, hingga perlu dijaga agar tidak merusak pahala puasa dan membuat Allah murka.

Nabi Muhammad pernah bersabda :
“Pandangan adalah salah satu dari panah-panah beracun milik setan, yang telah dikutuk Allah. Barang siapa menjaga pandangannya, semata-mata karena takut kepadaNYA, niscaya Allah akan memberinya keimanan, sebagaimana rasa manis yang diperolehnya dari dalam hati” (HR Al-Hakim, hadits shahih)

1312253551212908629



Kadang melalui mata, kita terbuai akan pandangan-pandangan yang dilihat sebagai kesenangan abadi, dan apabila kesenangan-kesenangan tersebut dipelihara terus akan menimbulkan banyak masalah-masalah dalam kehidupan kita. Terkadang matapun dapat mengelabui hati, sehingga menimbulkan gerakan annggota tubuh untuk bertindak tidak etis.


Ramadhan melalui ibadah puasa sungguh hendak menjaga agar manusia tidak terlena dengan pandangan mata, agar hati kita dapat menutup mata dari pandangan kedurhakaan lalu mendorong hati kita untuk dapat terbuka melihat penderitaan orang lain dan membantunya.

Sungguh mata akan menimbulkan efek dan dampak yang indah jika mata kita dikontrol dengan hati, dari matalah sesungguhnya persaudaraan timbul. Dengan mata, kita terlatih melihat kemiskinan, penderitaan dan kemelaratan orang lain. Dengan matalah kita berpuasa,.. melihat sesuatu yang dapat membatalkan puasa kita, kita harus mengendalikan mata kita agar jangan sampai apa yang kita lihat dapat mempengaruhi hawa nafsu kita terutama hawa nafsu sexual, hawa nafsu melihat makanan ataupun minuman…

Seharusnya dalam bulan Ramadhan ini, mata lebih banyak ditujukan untuk melihat lihat kandungan isi Al Quran, membacanya dan mengimplemantasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jangan mata ini hanya betah nonton televisi yang mengupas infotainment, jangan juga mata ini hanya melihat hal-hal yang duniawi saja…

Jagalah Mata Anda…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar